Penguasa Malaysia mengadakan pertemuan khusus tentang gejolak politik

Penguasa Malaysia mengadakan pertemuan khusus tentang gejolak politik

Penguasa Malaysia mengadakan pertemuan khusus pada hari Jumat di Istana Negara untuk membahas kekacauan politik negara itu. Ini terjadi setelah Dr Mahathir Mohamad mengumumkan pengunduran dirinya Dunia poolitik dan ekonomi sebagai perdana menteri pada hari Senin.

Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) -nya juga mundur dari koalisi Pakatan Harapan (PH) yang berkuasa. Pada hari yang sama, 11 anggota parlemen (anggota parlemen) dari Parti Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Anwar Ibrahim menyatakan keberangkatan mereka dari partai dan PH untuk membentuk blok independen di parlemen.

Warga Malaysia mengantisipasi hasil pertemuan Jumat untuk menjelaskan jaringan transisi pemerintah yang sedang berlangsung yang telah dibuka dalam sepekan terakhir.

Raja Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah pada hari Selasa dan Rabu memanggil semua anggota parlemen ke istana untuk menyatakan pilihan mereka sebagai calon perdana menteri.

Pada hari Kamis, Dr Mahathir, yang sekarang menjadi perdana menteri sementara, mengatakan bahwa parlemen akan duduk pada 2 Maret untuk menentukan perdana menteri berikutnya. Jajak pendapat jepretan juga dapat dipanggil jika DPR gagal mencapai keputusan setelah sesi parlemen khusus.
Baca Selengkapnya : Yang perlu diketahui dari gejolak politik Malaysia

Raja Malaysia mengatakan dia tidak dapat menemukan siapa pun dengan mayoritas berbeda. Dia mengatakan forum yang tepat adalah parlemen, Dr Mahathir mengatakan setelah dipanggil ke istana pada hari Kamis.

Sementara itu, Ketua Dewan Rakyat Mohamad Ariff Md Yusof mengatakan bahwa semua proses yang berkaitan dengan pemilihan perdana menteri baru di Dewan Rakyat akan ditentukan setelah pemberitahuan resmi dari perdana menteri sementara tentang duduk khusus.

PH telah menyatakan bahwa tidak pantas bagi Dr Mahathir untuk membuat pengumuman tentang duduk istimewa sebelum raja mengeluarkan pernyataan. Organisasi Nasional Melayu Bersatu, yang menyerukan agar parlemen dibubarkan dan mengadakan jajak pendapat, juga mendesak anggota parlemen untuk menolak sesi parlemen khusus.

Partai-partai politik diharapkan mengadakan pertemuan khusus masing-masing pada hari Jumat untuk membahas tindakan mereka selanjutnya dalam situasi ini.

Kejadian di tingkat federal diperkirakan akan mempengaruhi pemerintah negara bagian, sehingga memunculkan kemungkinan perubahan pemerintahan di negara bagian tertentu.

Politik Dalam dan Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*