Saling menyalahkan meningkat antara AS dan Cina melalui disinformasi coronavirus

Saling menyalahkan meningkat antara AS dan Cina melalui disinformasi coronavirus

Presiden Donald Trump mengatakan dunia politik dan ekonomi telah menyatakan perang terhadap virus korona dalam upaya untuk menahan wabah dan dampak ekonominya di sini di rumah, tetapi di panggung dunia, pemerintahannya terlibat dalam pertempuran lain ketika AS dan China berjuang untuk membentuk narasi tentang asal mula pandemi.

Trump dan anggota senior pemerintah telah berusaha untuk menandai wabah sebagai akibat dari virus China ketika mereka meningkatkan tuduhan bahwa Beijing gagal mengidentifikasi, menghentikan atau memperingatkan tentang virus sejak dini.

Pemerintah juga telah menerapkan kampanye pengiriman pesan terkoordinasi yang mencakup pokok pembicaraan yang dikirim oleh Dewan Keamanan Nasional mendorong pejabat AS untuk menyoroti dugaan penyembunyian Tiongkok dan kampanye disinformasi selanjutnya,

Namun, masih belum jelas apakah pemerintah memiliki strategi yang komprehensif untuk melawan desakan informasi Beijing karena pejabat China terus terang-terangan menyebarkan informasi yang salah dan menyesatkan tentang virus dengan sedikit bantuan di luar pernyataan tegas dari pejabat AS.

Inggris telah bermunculan selama berminggu-minggu antara Washington dan Beijing tentang siapa yang harus disalahkan atas wabah itu. Cina terus menyangkal bahwa virus itu berasal dari sana sementara para pejabat tinggi AS, termasuk Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, telah mengarahkan jari ke Beijing.

Baca Selengkapnya : AS dan Kanada menangguhkan perjalanan tidak penting antara kedua negara

Para pejabat AS telah lama skeptis tentang informasi yang datang dari China, termasuk jumlah kasus yang telah dilaporkan kepada publik, tetapi pertikaian diplomatik antara kedua negara telah meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Meskipun pujian awalnya untuk Presiden Cina Xi Jinping, Trump telah memukul nada yang lebih kritis akhir-akhir ini mengenai penanganan Beijing terhadap wabah dan upaya untuk mengalihkan kesalahan ke AS.

Perang kata-kata yang terus-menerus telah dipicu oleh tuduhan dari pejabat tinggi pemerintahan bahwa Cina secara aktif menyebarkan informasi yang salah tentang asal-usul virus dalam upaya untuk menyalahkan Amerika Serikat, dan negara-negara lain, atas pandemi global saat ini.

Awal bulan ini, duta besar China di Washington dipanggil ke Departemen Luar Negeri atas tweet dari juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lijian Zhoa memperkuat teori konspirasi yang berkembang bahwa coronavirus tidak berasal dari China dan mungkin telah dibawa ke sana oleh Angkatan Darat AS.

Semua orang tahu kebenaran di sini, dan kebenaran perlu keluar. Dan mereka tidak ingin kebenaran keluar. Itulah sebabnya mereka memulai kampanye disinformasi ini.

Politik Dalam dan Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*