PKB Says Entering Chinese Foreign Workers Can Trigger Public Distrust

PKB Says Entering Chinese Foreign Workers Can Trigger Public Distrust

Indonesia memiliki 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang masuk melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Meski saat ini pemerintah sedang menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM).

Read More: Digital Vaccination Verification Has Been Tried at Soetta and Ngurah Rai Airports

Wakil Presiden MPR Jazilul Fawaid mengatakan pemerintah harus tegas dalam merumuskan kebijakan. Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Politik Indonesia

“Kebijakan darurat PPKM ini harus diikuti dengan contoh dan contoh di tempat lain, termasuk tenaga kerja asing, jadi itu bagian dari penyebab situasi. Masyarakat akan merasa diperlakukan tidak adil,” kata pria yang akrab disapa Gus Jazil kepada wartawan, Rabu (7/7). Dunia Politik dan Ekonomi

Wakil presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, jika tenaga kerja asing sudah masuk, jangan dibungkam. Oleh karena itu, diperlukan penjelasan.

“Kalau diam, dia jadi pro kontra. Bagaimana menjaga semangat masyarakat saat melihat TKA bebas masuk? Katakan saja legal, boleh, memenuhi syarat, misalnya begitu. agar publik dia tidak kaget. Sekarang itu fitnah,” ujarnya.

Menurut Gus Jazil, ketika membuat suatu kebijakan, terutama yang sangat strategis seperti PPKM Darurat, salah satu kunci keberhasilannya adalah keteladanan para pejabat yang mengeluarkan kebijakan, dalam hal ini pemerintah.

“Katakanlah lalu lintas udara internasional ini terbuka. Tunjukkan saja prosedurnya dan siapa pun yang masuk sudah aman dari Covid-19. Kalau tidak dijelaskan, akan muncul rasa ketidakpercayaan masyarakat”, kata anggota Komisi III DPR itu. Ekonomi Indonesia

Diketahui, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah menjelaskan tujuan masuknya TKA asal China ke Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Sulawesi).

Kedatangan tenaga kerja asing asal China itu menimbulkan kehebohan karena terjadi saat pemerintah menerapkan darurat PPKM di Jawa dan Bali.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengatakan, tujuan kedatangan TKA China ke Indonesia adalah untuk membangun proyek pengecoran strategis nasional di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Politik dalam dan luar negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*