Dunia Politik dan Ekonomi

Politik dan Ekonomi

Joe Biden predicts Jakarta will sink in 10 years, this is what the deputy governor said

Joe Biden predicts Jakarta will sink in 10 years, this is what the deputy governor said

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah pernyataan Presiden AS Joe Biden bahwa ibu kota Indonesia akan tenggelam selama 10 tahun ke depan.

Namun, diakui Riza, luas lahan di Jakarta setiap tahun semakin berkurang.

“Bahkan di Jakarta tanahnya rendah, sehingga setiap tahun ada subsidence di Jakarta. Namun, bukan berarti Jakarta tenggelam selama 10 tahun,” kata Riza dalam diskusi virtual, Sabtu (31/7/2021). Politik Indonesia

Politisi Gerindra itu mengatakan pihaknya masih berupaya melakukan serangkaian tindakan untuk mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR.

Read More: PAN Politicians Agree to JK’s Proposed Social Assistance of Rp. 1 Million: Right on Target, Economy Grows

“Antara lain, pengambilan air tanah, pipa PAM Jaya ditingkatkan sehingga semua kebutuhan air minum berasal dari WFP,” katanya.

Selain itu, Riza juga mengatakan, pemerintah terus berupaya mencegah banjir rob di Jakarta Utara.

“Insya Allah, Jakarta tidak akan tenggelam dalam 10 tahun,” katanya. Dunia Politik dan Ekonomi
Pernyataan dari Joe Biden

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden menyebutkan proyeksi Jakarta yang diperkirakan akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Ia menyampaikannya dalam pidato penyambutan kepada para pemimpin badan intelijen Amerika Serikat, di mana isu perubahan iklim menjadi salah satu pembahasannya.

Dikutip dari situs resmi Gedung Putih, whitehouse.gov, pada Jumat (30/7/2021) Biden mulai membahas isu perubahan iklim dengan mengomunikasikan bagaimana masalah tersebut memiliki dampak merusak yang sama di semua negara.

“Tantangan iklim telah mempercepat ketidakstabilan di negara kita dan di seluruh dunia. Peristiwa cuaca ekstrem yang paling umum dan mematikan; kerawanan pangan dan air; naiknya permukaan laut, menyebabkan perubahan iklim dan meningkatnya migrasi, dan menimbulkan risiko mendasar bagi masyarakat yang hidup dalam kemiskinan, mayoritas rentan,” kata Biden. Ekonomi Indonesia

Biden juga mengacu pada proyeksi DKI Jakarta yang diperkirakan akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan dan kemungkinan Indonesia harus memindahkan ibu kotanya.

“Tapi apa jadinya? Apa jadinya di Indonesia kalau proyeksinya benar, 10 tahun ke depan ibu kota harus pindah karena berada di bawah air?” Ditambahkan.

“Ini penting. Ini isu strategis dan lingkungan,” jelas Biden. Politik dalam dan luar negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*